Pengenalan dan Instalasi React JS #1

Pendahuluan

React JS adalah perpustakaan javascript untuk membangun antarmuka pengguna. Yang dikembangkan oleh facebook dan perusahaan individu. React JS ini adalah suatu framework dari javascript yang tujuan nya yaitu untuk memudahkan kita dalam membuat tampilan website yang cantik jadi bisa dibilang React JS ini adalah suatu framework yang bertujuan untuk mempercantik halaman dari sebuah website dan banyak juga platform atau framework dari Javascript yang bertujuan untuk mempercantik halaman website seperti Vue JS, Angular JS, React Native(react native ini juga framework dari javascript yang sama dengan react javascript akan tetapi react native ini digunakan untuk android atau untuk mempercantik halaman UI dari aplikasi android yang akan kita buat) dan lain-lain.. Dalam proses penginstalan React JS ini kita membutuhkan suatu platform  yaitu Node js ..

Node JS

Node js ini adalah sebuah platform perangkat lunak pada sisi peladen yang ditulis dalam bahasa pemrogaman javascript yang dalam arti kita bisa menggunakan atau menginstall react js ini dengan Node js ini karena Node JS ini adalah suatu server jadi yang fungsinya seperti composer. Composer juga berguna jika kita ingin menginstall laravel dan sama halnya node js dan composer yaitu fungsi nya sama yaitu Node JS ini untu menginstall React JS sama hal nya dengan ketika kita menginstall React JS.


Alat & Bahan

  1. Node JS (silakan kalian download terlebih dahulu aplikasi nya dan install seperti biasa) download
  2. Support Windows, Linux, Mac (x64)
  3. Visual Studio Code download

Langkah-langkah

  1. Jika kalian sudah menginstall Node JS nya kalian bisa mengecek versi dari node js dengan mengetikkan perintah node --version
  2. Kalian juga bisa mengecek versi dari npm nya yaitu dengan mengetikkan npm --version
  3. Buka Visual Studio Code nya
  4. Lalu buka terminal dalam VS code nya
  5. Kita akan melakukan instalasi react js dalam terminal dan kita akan menggunakan terminal dalam Visual Studio Code nya dan buat kalian yang menggunakan text editor selain Visual Studio Code kalian bisa menggunakan command prompt karena akan sama saja .
  6. Buat folder terlebih dahulu dan simpan folder tersebut sesuai keinginan kalian masing-masing
  7. Lalu ketika membuka terminal ataupun membuka command prompt. Silakan terlebih dahulu masuk terlebih dahulu ke folder yang telah kalian buat tadi..               
  8. Jika sudah kalian bisa mengunjungi website dari react js nya langsung untuk mengetahui bagaimana caranya instal react js..
  9. Lalu ketikkan perintah seperti ini pada terminal kalian...                                                                                                                                                                                      
  10. Maka akan langsung menjalankan proses instalasi nya proses ini cukup memakan banyak waktu jadi bisa kalian tunggu sampai selesai..
  11. Jika sudah selesai.. Kita bisa menjalankan Folder React js nya dengan mengetiikan perintah npm start
  12. Terlbih dahulu kita masuk ke my-app karena folder-folder React JS nya tersimpan di my-app
  13. Lalu ketikkan perintah npm start nya                                                                                                                                                                                                                                                                                                              
  14. Maka React JS akan menjalankan secara langsung dan membuka browser kita dengan menjalankan server lokal dengan alamat localhost:3000 
  15. Selesai untuk instalasi React JS nya..                                                                                                                                                                                                                                                                                   

Kesimpulan

React JS ini atau React Javascript ini adalah suatu framework yang bisa kita gunakan untuk membuat halaman frontend web saja karena halaman web ini bisa dipercantik dengan menggunakan React JS dan React JS ini sangat berguna untuk mempercantik dan bisa digunakan untuk membuat project yang biasanya menggunakan 2 framwork yaitu Laravel dan React Javascript yang paling banyak digunakan oleh banyak orang dalam membuat suatu project nya..

Post a Comment

0 Comments